4 Bagian CPU/Processor Beserta Fungsinya

03 November
  • Pengertian Processor: processor adalah otak sentral dari komputer. Sebetulnya processor inilah yang disebut CPU (Central Processing Unit) artinya unit pemroses utama dari perintah-perintah program yang harus dijalankan komputer.

  • 4 Bagian CPU/Processor Beserta Fungsinya:
  1. CU (Control Unit/Unit Control), adalah unit utama dari sebuah processor yang mengontrol program dan kinerja semua bagian processor.
  2. ALU (Aritmatikal Logical Unit), adalah unit yang melakukan penghitungan aritmatika dasar dan operasi logika boolean. Jadi ALU dibagi menjadi dua unit yaitu unit aritmatika dan unit boolean. ALU juga berfungsi mengambil keputusan terhadap operasi logika yang diproses.
  3. Register, adalah sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses.
  4. CPU interconenction (BUS), adalah sistem koneksi yang menghubungkan begian-bagian dalam CPU dan juga koneksi CPU keluar seperti ke RAM, perangkat input-output dan ke Slot ekspansi (PCI).

Introvert Yang Senang Baca Buku dan Traveling Allah mengangkat orang-orang beriman di antara kamu dan juga orang-orang yang dikaruniai ilmu pengetahuan hingga beberapa derajat. ( al-Mujadalah : 11 )

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »