Algoritma dan Pemrograman

22 September
Algoritma dan Pemrogramansudah menjadi kegiatan yang sanagat penting di era teknologi informasi. Program yang berjalan di komputer desktop, laptop, notebook, HP, PDA dan sebagainya, tidak tercipta begitu saja. Tetapi di tulis melalui proses analisis & perancangan yang cermat. Sebuah program komputer pada dasarnya meng-implementasikan suatu algoritma. Dalam artian bahwa: algoritma merupakan ide di balik program komputer apapun.

pengertian Algoritma dan Pemrograman secara umum algoritma adalah urutan langkah yang sistematis untuk memecahkan suatu masalah, pemrograman adalah bahasa yang di gunakan untuk membuat sebuah program.
APA ITU ALGORITMA ???
APA ITU PEMROGRAMAN ???
PENGERTIAN ALGORITMA.
MASALAH
                Manusia hidup dengan segala msalah, hidup pada dasarnya adalah serangkaian aktifitas menyelesaikan masalah, masalah adalah pertanyaan atau tugas yang akan dicari jawabannya.
CONOTH MASALAH
                Diberikan sebuah daftar yang berisi nama-nama mahasiswa yang diterima pada PT (Perguruan Tinggi). daftar tersebut hanya berisi no peserta ujian yang lulus. Carilah apakah seorang calon mahasiswa baru yang no peserta ujiannya diketahui terdapat dalam daftar tersebut ?
Jawaban dari masalah ini adalah “YA” jika no tersebut ditemukan dalam daftar, atau “TIDAK” jika no tersebut tidak ditemukan
ALGORITMA
                Masalah dengan algoritma ?. masalah dengan instansi kecil, solusi akan ditemukan dengan cepat dan mudah. Bagaimana dengan masalah yang mempunyai instansi besar ? dilakukan cara menuliskan prosodur yang berisi langkah-langkah. Sebuah prosedur dapat dijalankan oleh komputer untuk menhasilkan solusi. Prosedur yang berisi langkah-langkah untuk memecahkan suatu maslah di sebut ALGORITMA.
Terdapat beberapa definisi lain, tetapi pada prinsipnya senada dengan definisi diatas;
-          Algoritma adalah deretan/urutan langkah-langkah komputasi yang menstransformasikan data masukan (input) menjadi keluaran (output).
-          Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang tak terbatas.
-          Algoritma adalah prosedur komputasi yang terdefiniskan dengan baik yang menggunakan beberapa nilai yang disebut keluaran. Jadi algoritma adalah deretan langkah komputasi yang mentransformasikan masukan(input) menjadi keluaran(output).
Dalam kehidupan sehari-hari banyak ditemukan langkah-langkah pengerjaan terhadap sesuatu, walaupun kita tidak menyebutnya algoritma, akan tetapi cara melakukan sesuatu, misal: Resep membuat masakan, tutorial praktikum, cara menggunting pakaian dll.
CONTOH CARA MELAKUKAN SESUATU
Contoh langkah-langkah pengerjaan resep makanan:
  • -          Tuang 1 gelas santan
  • -          Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk hingga rata.
  • -          Tambahkan garam, merica dan kecap asin.
  • -          Masak dengan api sedang sambil di aduk.
SOAL MASALAH SEDERHANA
Misalkan 2 buah ember (A & B), ember A berisi larutan berwarna merah, ember B berisi larutan berwarna biru. Pertukaran ke-2 isi ember tersebut, setengah ember A berisi larutan berwarna biru dan sebaliknya.
SEJARAH ALGORITMA
                Ditinjau dari asal usul katanya, kata Algoritma sendiri mempunyai sejarah yang aneh. Orang hanya menemukan kata Algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab. Anda dikatakan Algorits jika anda menghitung menggunakan angka arab. Parah ahli sejarah matematika menemukan asal kata algorism yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizimi. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabal yang artinya “Buku Pemugaran dan Pengurangan” (The book of restoration and reduction). Algoritma menjadi algorism, yang berarti metode perhitungan (komputasi) secara umum. Dalam bahasa Indonesia, kata Algorithm diserap menjadi Algoritma. 
PROGRAM DAN PEMROGRAMAN
                Algoritma efektif, bila dijalankan oleh pemroses (processor), pemroses bisa manusia, komputer, robot, mesin dsb. Pemroses membaca setiap instruksi dalam algo lalu mengerjakannya.

SETIAP PEMROSES HARUS :
  • -          Mengerti setiap langkah dalam algoritma
  • -          Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.
Fokus pemrosses dalam algoritma adalah KOMPUTER. PROGRAM adalah algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer. Bahasa yang digunakan untuk menulis program dinamakan Bahasa Pemrograman orang yang membuat program komputer disebut Pemrogram (programmer). Kegiatan merancang dan menulis program disebut Pemrograman.
Belajar memprogram tidak sama dengan belajar bahasa pemrograman. Belajar memprogram, adalah mempelajari metodologi pemecahan masalah, kemudian menuliskan algoritma pemecahan masalah dengan notasi tertentu. Belajar bahasa pemrograman; belajar menggunakan satu bahasa komputer tertentu.
BAHASA PEMROGRAMAN
Berdasarkan tujuan aplikasi dibagi menjadi :
-          Spesifik purpose programming language, yang termasuk dalam kelompok ini adalah: COBOL (terpb bisnis dan admins), FOTRAN (aplikasi komputasi ilmiah ), assemby (aplikasi pemrograman mesin), prolog (AI), bahasa-bahasa simulasi (SIMscript) dll.
-          General purpose programming language, yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Pascal, Basic, C, C++
Berdasrakan “kedekatan” , bahsa manusia /bahasa mesin:
-          Bahasa tingkat rendah: setiap instruksi lagsung dikerjakan oleh komputer. Tanpa melalui tanslator.ciri-ciri: primitif, sangat sederhan, sangat sulit dipahami manusia. Contoh:assemby
-          Bahasa tingkat tinggi: mendekati bahasa manusia, ciri: butuh tanslator (kompiler/interpreter). Contoh: pascal,basic,cobol,fortran,C,C++ dsb.
Tahap pelaksanaan program oleh Komputer
Flow Chart


Tahapan dalam pemrograman Komputer
-          Mendefinisikan masalah
-          Menentukan solusi
-          Memilih algoritma
-          Menulis program
-          Menguji program
-          Menulis dokumentasi
-          Merawat program
sekian tutorial tentang Algoritma dan Pemrograman kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca blog ini, mohon kritik dan sarannya guna meningkatkan mutu postingan blog ini, wassalam

Share Jika Kalian Merasa Artikel ini bermanfaat :)

Introvert Yang Senang Baca Buku dan Traveling Allah mengangkat orang-orang beriman di antara kamu dan juga orang-orang yang dikaruniai ilmu pengetahuan hingga beberapa derajat. ( al-Mujadalah : 11 )

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Gung Eka
AUTHOR
16/09/16, 17.43 delete

Artikel yang menarik.
Salam kenal.

Reply
avatar
Halim
AUTHOR
21/09/16, 07.02 delete

makasih, salam kenal juga :)

Reply
avatar