Cara Menginstall Windows 7 Mudah dan Lengkap

21 September

Cara Menginstall Windows 7 Mudah dan Lengka

Windows 7 adalah salah satu Sistem Operasi Rintisan Microsoft yang merupakan penerus dari Windows generasi sebelumnya sebelumnya yakni Windows Vista. Di bandingkan dengan Windows Versi Lainnya Windows 7 adalah yang paling stabil dan paling mudah pengoperasiannya, ini menurut persepsia saya pribadi sih heheh. Tapi serius dari semua versi windows yang pernah saying install di Laptop saya maupun client saya ini yang menurut saya paling stabil. Dari windows 98 samapi Windows 10 (Windows Terbaru yang di rilis Microsoft) semua sudah saya install dan gunakan tapi memang yang paling stabil dan mudah di oprek adalah Windows 7.

Baca Juga = >> Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Windows 7 Ultimate

Mungkin di antara kalian masi ada yang belum mengetahu bagaimana cara Menginstal atau Memasukkan, atau Memasang Windows di Laptop atau PC kalian. Nah karena itu, kali ini saya akan meng-Share tutorial mengenai Cara Menginstall Windows 7 Mudah dan Lengkap. 

Langkah-langkah Cara Menginstall Windows 7 Mudah dan Lengkap;

1. Masukkan CD/DVD atau USB Installer jika anda menggunakan flashdisk 
2. Atur Booting di BIOS caranya dengan menekan tombol f2 atau delete di Laptop atau Komputer anda. 
Contoh gambar tampilan BIOS
- Catatan: Cara masuk BIOS dalam tiap laptop berbeda-beda tergantung mainboard apa yang anda gunakan namaun secara umum cara untuk masuk BIOS adalah dengan menekan tombol f2 atau delete.

3. Selanjutnya tekan f10 pada computer lalu pilih save.

tutup dan save hasil configruasi dengan cara menekan f10
4. Jika muncul pesa Press any key to boot from CD/DVD, tekan tombol apapun di keyboard                   laptop/PC anda. Selanjutnya akan muncul proses loading file instalasi windows.

proses windows is loading files
 5. Pada Language to install, Time and currency format, Tentukan bahasa dan format waktu yang             akan di gunakan saran saya jangan mengubah apapun di jendela ini.  Lalu klik next.

6.     Selanjutnya Pilih Install Now


pilih install now
 7. Pilih versi Windows 7 yang ingin kalian install, dalam tutorial ini saya menggunakan Windows          7 All yang sudah include dengan semua versi windows. 7.
gambar opsi berbagai versi windows 7
7. Centang padah checkbox I accept license terms, lalu klik next

jendela licensi windows 7

8. Selanjutnya pilih Custom (Advances). Karena jika memilih upgrade kita akan menimpa windows dan tidak menginstallnya dan itu sangat tidak bagus, Upgrade biasanya di gunakan hanya untuk menaikkan versi windows.

advance di pilih karena kita akan menginstall bukan meng-Upgrade

9. Atur drive dan tentukan di partisi mana windows akan di install, umumnya Windows 7 atau semua versi Windows di install di driver atau partisi C:\ , setelah menentukan di drive mana Windows 7 akan di install selanjutnya pilih Format, setelah itu klik next.


pilih partisi yang akan di format


proses format partisi

10. Tunggu hingga proses instalasi selesai, proses ini berlangsung cukup lama. Dan akan tersetart sendiri nantinya

gambar proses instalasi windows 7

11. Setelah Komputer tersetart proses instalasi akan di lanjutkan.
12. Setelah Proses Instalasi benar-benar sudah selesai Komputer akan kembali terserat.
13. Kemudian akan dilanjutkan proses setup is preparing computer untuk pertama kalinya, lalu akan dilanjutkan dengan proses pengecekan video performance.

14. Setelah itu anda akan diminta memasukkan Username dan Komputer Name, isi dan klik next.

form untuk mengisi username
15. Isikan password jika anda ingin Laptop/PC anda tidak punya langsung klik skip saja.

gambar form pengisian password

16. Masukkan Prudct key, pilih skip jika tidak memilikinya 

gambar form untuk menginputkan licensi windows

17. Pilih Ask me Latter

jendela setup windows

18. Pilih zona waktu sesuai wilayah waktu tempat tinggal kalian. Dalam teturial kali ini saya menggunakan zona waktu UTC+08:00 Kuala Lumpur,Singapura, ini karena saya berada di Indonesia bagian tengah atau tepatnya di Kab. Maros yang jamnya sma dengan zona waktu tersebut.

gambar jendela setting jam dan tanggal komputer

19. Selamat kalian sudah berhasil, Menginstall Windows 7 Ultimat di Komputer/Laptop kalian. 

gambar tahap akhir instalasi
gambar tampilan windows 7 untuk pertama kali


Sekian Artikel mengenai Cara Menginstall Windows 7 dengan Mudah dan Lengkap, Semoga Artikel ini bermanfaat. Silahkan Share untuk membagikan info ini ke orang banyak :)

Introvert Yang Senang Baca Buku dan Traveling Allah mengangkat orang-orang beriman di antara kamu dan juga orang-orang yang dikaruniai ilmu pengetahuan hingga beberapa derajat. ( al-Mujadalah : 11 )

Artikel Terkait

Previous
Next Post »