Peristiwa ‘Amarah UMI 1996’ akan difilmkan

23 September
MAKASSAR – Produksi film lokal di Makassar sepertinya makin bergairah. Setelah film ‘Uang Panai’ sukses bersaing dengan film-film nasional dan menyusul penggarapan film karya sineas Makassar lainnya, yakni ‘Silariang’. Kini sedang dalam penggarapan film terbaru yang diangkat dari novel kisahnya nyata.

Garapan film bergenre biografi ini akan mengangkat kisah novel sejarah dari peristiwa April Makassar Berdarah (Amarah) pada 24 April 1996 yang menewaskan tiga mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makasssar. Novel ini ditulis oleh Rasmi Ridjang Sikati alias Inka.
“Naskah film dari diambil dari buku saya. Judulnya Mencari Jejak Amarah. Sementara sekarang naskah filmnya sedang disusun, ” kata Inka saat dikonfirmasi, Selasa 20 September 2016.

peristiwa amarah umi tahun1996

Menurutnya saat ini pihaknya sedang merampungkan naskah film bersama temannya yang merupakan senias Makassar, Indra J Mae. “Kalau naskahnya sudah rampung langsung dilakukan syuting,” ujarnya.

Dalam penggarapan ini, Inka yang juga menjadi penulis naskah ini akan mengajak para sineas Makassar untuk berkontribusi. “Kita akan libatkan banyak sineas Makassar nanti, ” ujarnya.
Baca juga: Ini fakta terkait tragedi Amarah di Makassar
Sementara Sunarti Sain bertindak sebagai Eksekutif Produser. “Saat ini saya belum bisa sebutkan siapa sutradaranya.”

peristiwa amarah umi tahun1996

Peristiwa Amarah diawali dengan tuntutan mahasiswa atas kenaikan tarif angkot atau Petepete. Kenaikan ini awalnya atas instruksi Menteri Perhubungan lalu ditindaklanjuti Wali Kota Ujung Pandang Malik B Masry dengan keluarnya SK 900 tentang kenaikan tarif. 

peristiwa amarah umi tahun1996

Dalam aksi pada 24 April 1996 di kampus UMI, dwitunggal TNI-Polri berupaya membubarkan aksi demonstrasi itu dengan cara paksa hingga menggunakan senjata dan mobil panzer. Penyerangan hingga dalam kampus itu menyebabkan tiga mahasiswa UMI tewas. Penyebab dan pelaku tewasnya tiga mahasiswa itu hingga kini masih menjadi misteri.

Baca Juga ==> Limbah Perusahaan PT. CS 2 Pola Sehat Maros Cemari Sungai dan Lingkungan Warga.


Introvert Yang Senang Baca Buku dan Traveling Allah mengangkat orang-orang beriman di antara kamu dan juga orang-orang yang dikaruniai ilmu pengetahuan hingga beberapa derajat. ( al-Mujadalah : 11 )

Artikel Terkait

Previous
Next Post »