Tata Cara Mengkafani Jenazah

04 November
 Berikut ini saya akan memaparkan mengenai bagaimana tata cara mengkafani jenazah, sebelum mulai mengkafani jenazah ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dipersiapan, berikut adalah hal yang harus dilakukan dan disiapkan ...

1.        Siapkan perlengkapan untuk mengkafani jenazah

  • Kain kafan 3 helai untuk laki-laki dan 5 lembar sesuai panjang badan jenazah
  • Kapas secukupnya
  • Bubuk cendana
  • Minyak wangi

       2.        Cara mengkafani jenazah

  • Kain kafan untuk mengkafani jenazah paling sedikit satu lembar yang dapat digunakan untuk menutupi seluruh tubuh jenazah, baik laki-laki atau perempuan. Akan tetapi, jika mampu disunahkan bagi jenazah laki-laki dikafani dengan tiga lapis atau helai tanpa baju dan sorban. Masing-masing lapis menutupi seluruh tubuh jenazah laki-laki. Sebagian ulama berpendapat bahwa tiga lapis itu terdiri dari izar (kain untuk alas mandi) dan dua lapis yang menutupi seluruh tubuhnya.
  • Cara memakaikan kain kafan untuk jenazah tersebut ialah kain kafan itu dihamparkan sehelai-sehelai dan ditaburkan wewangian seperti kain barus dan sebagainya di atas tiap-tiap lapis itu. Jenazah kemudian diletakkan di hamparan kain tersebut. Kedua tangannya diletakkan di atas dadanya dan tangan kanan berada di atas tangan kiri.
  • Adapun untuk jenazah perempuan disunahkan untuk dikafani lima lembar kain, yaitu kain basahan (kain alas), baju, tutup kepala, cadar dan kain yang menutupi seluruh tubuhnya. Diantara beberapa helai atau lapisan kain diberi wangi-wangian. Cara memakaikannya, pertama hamparkan kain untuk membungkus seluruh tubuh jenazah, setelah itu, jenazah diletakkan di atasanya setelah kain diberi wangi-wangian, kemudian jenazah dipakaikan kain basahan, baju, tutup kepala dan cadar yang masing-masing diberi wangi-wangian. Selanjutnya jenazah dibungkus seluruh tubuhnya dengan kain pembungkus.
  • Lubang hidung dan lubang telinga disumbat dengan kapas
  • Lapisi bagian-bagian tertentu dengan kapas.
tata cara mengkafani jenazah
tata cara  mengkafani jenazah

Introvert Yang Senang Baca Buku dan Traveling Allah mengangkat orang-orang beriman di antara kamu dan juga orang-orang yang dikaruniai ilmu pengetahuan hingga beberapa derajat. ( al-Mujadalah : 11 )

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar